banner 728x90

DANA ABADI UMAT

banner 728x90

Upaya Membantu Perekonomian Warga

Pada kesempatan ini, aku tidak akan membahas perihal Fisika maupun Pendidikan, melainkan persoalan yang ada kaitananya dengan kepedulian social dan perekonomian rakyatkhususnya warga seRT.

Sudah menjadi tradisi warga negeri ini kalau dalam sebuah lingkungan acapkali diadakan pertemuan rutin bulanan. Sebagai media atau sarana pertemuannya bias berbentuk pengajian maupun arisan. Kalau sarana pertemuannya pengajian maka pertemuannya mungkin bias sepekan sekali, sedangkan kalau arisan maka biasanya sebulan sekali. Tapi terkadang ada warga yang tidak ikut arisan dikarenakan tidak memiliki cukup uang untuk arisan.

Warga di lingkungan Rukun Tetangga (RT) pada umumnya memiliki tingkat perekonomian beragam, ada yang bisa ada pula yng kurang bisa, bahkan ada keluarga yang tadinya bisa tapi menjadi kurang bisa, atau sebaliknya. Saat kita memiliki tetangga yang sedang mengalami kesulitan maka seyogyanyalah kita harus membantunya. Namun demikian tidak setiap warga mampu ikut membantunya. Padahal partisipasi dan kerja sama (gotong royong) membantu yang sedang mengalami kesulitan ialah Norma positif yang sudah menjadi tradisi bangsa kita. Lalu bagaimana kita yang juga kurang bisa tetapi bias ikut membantu tetangga yang juga kurang bisa?

Solusinya ialah Dana Tak pernah mati Umat (DAU). DAU ialah dana yang dihimpun melalui pertemuan rutin warga. Setiap kali pertemuan maka diedarkan kotak amal yang mampu diisi secara sukarela oleh warga yang hadir. Sekali lagi, besarnya uang amal bebas sesuai kemampuan warga, yang merasa tidak bawa uang, ya tidak usah mengisi uang amal. Jadi murni sukarela. Uang tersebut dikumpulkan dari pertemuan ke pertemuan, setelah dipandang cukup, barulah mulai dipinjamkan ke warga yang membutuhkan. Proses peminjamannya juga sederhana hanya diharapkan kesepakatan berapa lama uang tersebut dipinjam/dikembalikan. Dalam proses pengembalian pinjaman harus tanpa bunga sehingga bebas riba. Tetapi kalau si peminjam mengembalikan pinjaman lebih ya tidak apa-apa. Mungkin sebagai bentuk terima kasih karna telah dipinjami. Penggunaan dana pinjaman ditak dibatasi peruntukannya, bias buat pendidikan, perjuangan/urusan ekonomi, atau yang lainnya yang penting tidak bertentangan dengan undang-undang dan agama. Dengan demikian setiap warga memiliki partisipasi dalam menolong yang sedang kesusahan khususnya dalam perekonomian.

Sebagai contoh, DAU RT 004 RW 016, Taman Jatisari Permai, Jatisari, Jatiasih, Kota Bekasi. DAU didirikan sekitar 5 tahun lalu. Dalam sebuah arisan ilham tersebut tercetus dan disepakati. Ketika itu dana yang terkumpul sekitar Rp.200 000 (dua ratus ribu rupiah). Dana tersebut tidak eksklusif dipinjamkan melainkan dikumpulkan sampai beberapa kali arisan berikutnya, dan uang terkumpul agak banyak. Setelah uang terkumpul sekitar dua jutaan, mulailah dipinjamkan. Yang boleh meminjam uang tersebut hanyalah warga RT setempat. Penggunaan uang pinjaman tidak dibatasi peruntukannya. Intinya setiap warga yang sedang mengalami kesulitan keuangan diperbolehkan pinjam, apakah untuk bayar SPP, biaya rumah sakit, ataupun untuk modal perjuangan. Sampai ketika ini dana terkumpul sudah sekitar 19 jutaan dan manfaatnya sudah lebih dari 100 juta. Sebuah prestasi yang luar biasa dalam bergotong ronyong mengatasi persoalan warga.

Kuncinya, jangan pikirkan nanti si peminjam itu mengembalikan pinjaman atau tidak, si pemegang uang itu amanah atau tidak, akhirnya uang itu habis atau tidak, melainkan kita harus tulus, seikhlas kita berinfaq. Kita tidak pernah berprasangka buruk terhadap pengelola dana infaq. Mirip itulah sikap kita terhadap pengelola DAU warga, jadi IKHLAS. Kalau setiap RT mampu memiliki DAU maka akan berimbas peningkatan perekonomian masyarakat Indonesia pada umumnya dan warga di lingkungan RT pada khususnya.

banner 728x90
Taufan Rizki Hutapea
saya adalah seorang website develover di sebuah perusahaan yang bekerja separuh waktu

Related Post "DANA ABADI UMAT"

GrafiTalk Software Pendatang Baru Yang Canggih
Logo Software GrafiTalk GrafiTalk adalah media umum
Belajar Microsoft Excel Mudah Dan Cepat
Belajar Microsoft Excel Mudah dan Cepat adalah
Cara Mempercepat Kinerja Komputer Windows Tanpa Aplikasi
Cara Mempercepat Kinerja Komputer Tanpa Aplikasi dengan
Review New Album of AKMU (Akdong Musician) – WINTER 03012017
First Impression: Ini akan cocok jadi sahabat
banner 728x90

Leave a reply "DANA ABADI UMAT"