banner 728x90

Matt Mullenweg – Sang Penemu WordPress

banner 728x90

Matt Mullenweg , AS
Matt Mullenweg ialah pencipta situs penyedia blog gratisan: WordPress. Ia mulai baru berusia 19 tahun saat mulai menciptakan cikal bakalnya.

matt-mullenweg

WordPress menjadi tenar dalam waktu singkat. Karena, situs ini mudah dipakai dan selalu diperbarui. Sampai tahun 2008, tercatat ada 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 miliar halaman WordPress yang mampu dilihat. Lalu, ada 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata empat juta posting setiap bulan.

Matt, yang pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009 ini mengatakan, ia tidak akan menjual WordPress ke perusahaan besar dengan harga’ selangit’. Ia juga bilang, tidak mencari keuntungan dari WordPress. Laba sudah ia dapatkan dari beberapa perusahaan, yang dimilikinya.

Berbicara perihal wordpress, maka tak akan lepas dari sosok Matt Mullenweg, sang developer yang telah melakukan kerja keras sehingga kita temukan dan dapati wordpress mirip sekarang ini. Dengan pengunjung berpuluh-puluh juta per harinya, tentu adalah pencapaian yang sangat luar biasa, hal ini terbukti dengan dinobatkannya Matt sebagai 16 dari “50 orang terpenting di dunia internet” oleh PC World.

matt-mullenweg2

Awal mula wordpress ialah pada tahun 2002 (pada ketika itu Matt berumur 18 tahun), dimana sebuah blogware bernama b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi dihentikan pengembangan softwarenya. Matt sebagai pengguna b2/cafelog tersebut (dimana Matt memposting foto perjalanannya di California), kemudian berinisiatif untuk berbagi blogware semacam b2/cafelog tapi dengan standar web ketika itu. Cita-cita ini mulai diwujudkan pada tahun 2003. Dengan mengajak seorang temannya, Mike Little, Matt mulai berbagi wordpress, yang pada akhirnya Michel Valdrighi (pengembang b2/cafelog tersebut) bergabung dengan mereka.

Awal mula rilis versi 0.7, dan akhirnya dilakukan pengembangan-pengembangan yang sangat berarti. Berikut sedikit kronologis perjalanan wordpress:

27 Mei 2003. WordPress pertama kali di rilis ( versi 0.7 )

19 desember 2003, WordPress wiki di publish. Kita mengenalnya sekarang dengan codex.wordpress

3 Januari 2004, WordPress versi 1.0 di rilis. Upgrade besar besaran dari vrsi sebelumnya. Edit link, interface admin baru, multiple category, dan fitur – fitur yang sangat usefull sampai versi terkini wordpress.

22 Mei 2004, versi 1.2 dirilis. perubahan besar – besaran. POst review, Arsitektur plugin baru, sistem moderasi komentar yang lebih oke.

Pertengahan Februari 2005, versi 1.5 dirilis. kemampuan memanage static page ( atau kita kenal dengan page pada wordpress ) telah merubah wordpress dari simple blog management menjadi full content management system. Theme system yang memudahkan user merubah tampilan, dan juga default template baru dengan codename Kubrick yang didesain oleh Michael Heilemann

Tahun 2005 adalah tahun yang sanga berarti untuk wordpress. versi 1.5 di download lebih dari 900,000 kali, dan dimulainya service wordpress di wordpress.com

Desember 2005, versi 2.0 dirilis. fitur baru pada rich editting, sistem administrasi yang lebih baik, upload image, pengembangan import system, posting yang lebih cepat, pengembangan yang lebih baik untuk developer plugin.

Tahun 2006, blogware wordpress di download sebanyak 1,545,703 kali, dan 371 plugin unik yang di download sebanyak 191,567 kali. pada tahun ini juga pertama kali diadakannya WordCamp pertama kali di san fransisco

22 Januari 2007, versi 2.1 dirilis. desain ulang interface dan pengembangan tools editing, pengembangan opsi manajemen konten, dan meningkatkan secara optimal database

16 Mei 2007, versi 2.2 dirilis. fitur support widget untuk template, support Atom feed, meningkatkan secara optimal kecepata, revisi sistem taksonomi untuk category mirip tags

24 September 2007, versi 2.3 dirilis. support native tagging, sistem taksonomi baru untuk category, notifikasi yang mudah untuk update, dan support penuh terhadap Atom 1.0

Pada tahun 2007 engine wordpress di download sebanyak 3,816,965 kali. dan terdapat 1,384 plugins yang di download sebanyak 2,845,884 kali . Meningkat 15 kali. pada tahun 2007 ini juga wordpress mengadopsi sistem release reguler berkala. rilis fitur major dijadwalkan sekitar setiap 3 – 4 bulan, atau 3 kali dalam setahun.

29 maret 2008, versi 2.5 dirilis. para developer men-skip versi 2.4 sehingga versi 2.5 mengandung 2 major release. versi 2.5 membawa interface admin bar.

15 july 2008, versi 2.6 dirilis dengan sejumlah peningkatan krusial. dari word count, theme preview dan revisi post ala wiki.

Sungguh suatu perjalanan yang tepat, bagi seorang Matt Mullenweg. Tapi lucunya Matt ialah seorang mahasiswa Drop Out, sama halnya dengan Bill Gates, milyuner pengembang Microsoft yang menjadi orang terkaya no. 1 di dunia. Terlalu sibuk dengan mimpi mereka, sampai lupa akan hiruk pikuk dunia pendidikan. The Dream that Come true, menawarkan bahwasanya kesuksesan dapat dicapai melalui banyak jalan.

Sumber: https://akimlinovsisa.wordpress.com/

Advertisements

banner 728x90
Taufan Rizki Hutapea
saya adalah seorang website develover di sebuah perusahaan yang bekerja separuh waktu

Related Post "Matt Mullenweg – Sang Penemu WordPress"

GrafiTalk Software Pendatang Baru Yang Canggih
Logo Software GrafiTalk GrafiTalk adalah media umum
Belajar Microsoft Excel Mudah Dan Cepat
Belajar Microsoft Excel Mudah dan Cepat adalah
Cara Mempercepat Kinerja Komputer Windows Tanpa Aplikasi
Cara Mempercepat Kinerja Komputer Tanpa Aplikasi dengan
Review New Album of AKMU (Akdong Musician) – WINTER 03012017
First Impression: Ini akan cocok jadi sahabat
banner 728x90

Leave a reply "Matt Mullenweg – Sang Penemu WordPress"